Senin, 22 Mei 2017

pesona pantai indrayanti

Pantai Indrayanti Gunungkidul, ini adalah salah satu wisata pantai lain di Yogyakarta yang harus Anda kunjungi dari Kabupaten Gunungkidul. Pantai Indrayanti, sehingga orang-orang lokal atau wisatawan menyebutnya indah dan pantai romantis.
Nama pantai ini kedengarannya agak aneh, karena namanya lebih mirip nama wanita Jawa. Pantai ini terletak di Dusun Ngasem, desa Tepus, Kabupaten Gunungkidul juga berdekatan dengan tujuan populer lainnya di Gunungkidul Jogja, seperti Pantai Baron dan Pantai Krakal.
Lokasi Pantai Indrayanti Gunungkidul terletak persis di sebelah timur Pantai Sundak. Keduanya dibatasi oleh bukit karang. Indarayati Beach menawarkan keindahan panorama yang unik dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Gunungkidul. Tidak hanya bukit pasir putih berkilau atau bukit-bukit indah terumbu karang, air laut sejernih kristal terlihat bersih seolah-olah untuk mengundang para wisatawan untuk berenang dan berbaur di dalamnya.
Air laut di Pantai Indrayanti memang bersih, jelas, dan alami karena itu tidak telah terkontaminasi oleh berbagai limbah. Hal ini karena perjalanan pecinta selalu suka berenang dan bermain air di Pantai Indrayanti.

Pemberian nama Indarayanti pantai Gunungkidul ini diambil dari nama pemilik restoran di daerah tersebut. Ini dimulai dari papan "Indrayanti" yang terpampang di depan restoran sehingga orang lebih akrab dengan pantai sebagai Pantai Indrayanti.
Pemberian nama ini bisa mengundang kontroversi karena Pemerintah Kabupaten Gunungkidul telah diberi nama pantai, yaitu Pantai Pulang Syawal. Namun nama Indrayanti sudah akrab di telinga masyarakat lokal dan wisatawan. Pada akhirnya, pantai paling terkenal di Yogyakarta ini lebih dikenal sebagai Pantai Indrayanti.
Peran aktif dari pihak swasta dalam pengelolaan Pantai Indrayanti Gunungkidul memiliki dampak positif. Hal ini dapat dilihat dari kebersihan seluruh daerah pesisir, bahkan sampai sepanjang pesisir bebas limbah.
Ini bukanlah tanpa sebab. Pengelolaan pantai tidak ragu untuk menerapkan denda atau hukuman pengunjung yang membuang sampah sembarangan. Ini adalah salah satu alasan di balik kebersihan Indarayanti pantai Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar